IDXChannel - PT Jasnita Telekomindo Tbk (JAST) kembali menggarap proyek strategis BPJS Kesehatan yang akan diluncurkan pada 1 Juli 2025.
Jasnita akan bertanggung jawab atas penyediaan layanan menyeluruh dari pengembangan dan implementasi sistem WhatsApp Blast (WA Blast).
"Ini akan menjadi salah satu kanal komunikasi digital utama BPJS Kesehatan dalam meningkatkan keterhubungan dengan peserta JKN di seluruh Indonesia," tulis manajemen JAST dalam keterbukaan informasi BEI, Selasa (24/6/2025).
Manajemen menjelaskan, proyek ini mencakup penyediaan dan konfigurasi server untuk mendukung pengiriman pesan massal yang handal dan aman, instalasi server di Data Center (DC) BPJS Kesehatan.
Kemudian persiapan aktivasi nomor resmi WhatsApp Blast sebagai kanal komunikasi digital langsung ke peserta, serta integrasi API ke Meta (WhatsApp Business API) guna memastikan konektivitas sistem yang lancar dan sesuai standar global.
WA Blast nantinya digunakan oleh BPJS Kesehatan untuk berbagai kebutuhan strategis, seperti pengingat pembayaran iuran, edukasi program REHAB (Rencana Pembayaran Bertahap), penyampaian hasil skrining kesehatan, serta mendukung FKTP dalam pengendalian rujukan dan pemantauan peserta Prolanis.
"Dengan kapabilitas teknis, pengalaman industri, dan kepatuhan terhadap standar keamanan data, proyek ini diharapkan memperkuat transformasi digital BPJS Kesehatan secara menyeluruh," tutur manajemen.
Sebelumnya, Jasnita memenangkan tender pengadaan call center 165 BPJS Kesehatan dengan nilai kontrak mencapai miliaran rupiah.
Selama periode 2023-2024, JAST memperoleh pendapatan dari BPJS Kesehatan sebesar Rp19,3 miliar dari kontribusi proyeksi tersebut.
(DESI ANGRIANI)