IDXChannel - PT Mitra Pack Tbk (PTMP) menargetkan pertumbuhan penjualan sebesar 20 persen atau mencapai Rp230,76 miliar pada 2025. Sepanjang tahun lalu, perseroan mengantongi omzet sebesar Rp192,30 miliar.
Direktur PTMP, Cindy Kusuma, membeberkan sejumlah strategi bisnis yang akan dilakukan perseroan untuk mencapai target tersebut. Salah satunya dengan meningkatkan pertumbuhan eksplorasi secara agresif.
Dalam hal ini, perseroan akan melakukan intensifikasi & ekstensifikasi produk keperluan ritel. “Kami juga ada penambahan produk baru lewat entitas anak kami,” kata Cindy dalam Paparan Publik pada Rabu (18/6/2025).
Cindy menjelaskan produk-produk baru perseroan dikerjakan dengan menggandeng dua mitra baru yakni Ulma dari Italia dan Bizerba dari Jerman. Di samping itu, perseroan sudah mulai melakukan penetrasi ke segmen pelanggan baru di industri pengolahan daging dan horeca.
“Kami juga sudah ada pelokalan merek, di mana saat ini kami juga memiliki sistem vakum yang lengkap, dan unit thermoforming yang menggunakan merek lokal kami, Maxima,” ujar Cindy.
Perseroan juga telah melakukan penjajakan untuk melakukan aliansi strategis pengembangan produk lokal, guna menambah portofolio bisnis. Serta mendorong inovasi melalui kemasan ramah lingkungan.
Cindy menambahkan, tingginya kesadaran akan isu lingkungan mendorong peningkatan permintaan kemasan ramah lingkungan. Perseroan merespons tren ini dengan menghadirkan solusi kemasan biodegradable dan dapat didaur ulang, guna memenuhi kebutuhan pasar sekaligus mendukung tujuan keberlanjutan.
Per kuartal I-2025, perseroan mencatatkan penjualan sebesar Rp52,51 miliar, naik 23,49 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar Rp42,52 miliar.
Secara rinci, penjualan produk consumabel dan suku cadang tercatat sebesar Rp44,10 miliar, pendapatan segmen mesin sebesar Rp5,54 miliar, pendapatan sewa sebesar Rp1,69 miliar, pendapatan teknik sebesar Rp195,29 juta, dan pendapatan lainnya sebesar Rp973,26 juta.
(Febrina Ratna Iskana)