IDXChannel- PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) terus memperkuat kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan (BPJS-TK) dalam menjamin perlindungan sosial bagi para mitra pengemudi. Saat ini ada 200.000 mitra pengemudi sudah terdaftar BPJS-TK.
President On-Demand Services (Gojek), Catherine Hindra Sutjahyo menyebut Gojek menjadi salah satu institusi yang paling aktif memfasilitasi pendaftaran peserta baru BPJS-TK.
“BPJS-TK itu memang kami bekerjasama sangat erat dengan BPJS. Saat ini kami percaya, dari datanya BPJS juga, Gojek itu salah satu institusi — kalau bukan the institusi — yang paling banyak membantu pendaftaran BPJS-TK terbaru dalam setiap tahunnya. Udah 200 ribu nih mitra yang sudah terdaftar BPJS TK,” ujar Catherine saat ditemui di Indonesia Arena, Sabtu (14/6/2025).
Menurutnya, hingga kini sudah lebih dari 200.000 mitra pengemudi Gojek yang aktif berkontribusi dalam program BPJS-TK, termasuk Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), dan Jaminan Hari Tua (JHT).
Namun, dia mengakui belum seluruh mitra bergabung dalam program tersebut. Untuk itu, perusahaan terus menggandeng BPJS untuk mendengarkan langsung kendala yang dihadapi para mitra di lapangan.
“Kita akan terus kerja sama semakin erat lagi dengan BPJS dan dengan driver. Mendengarkan mitra-mitra kami: apa sih kenapa kamu nggak mau daftar? Apa kendalanya? Ini juga kita sampaikan kepada BPJS. Karena ini benar-benar masukan from the ground,” jelasnya.
Catherine menambahkan perusahaan telah menyediakan berbagai saluran pendaftaran, termasuk melalui aplikasi mitra driver dan program Swadaya yang menawarkan berbagai produk untuk kesejahteraan mitra. Sosialisasi juga dilakukan secara rutin melalui forum-forum komunitas, baik online maupun offline.
“Kita akan terus mengembangkan supaya lebih baik lagi dan semakin cepat juga penetrasi ini,” tuturnya.
(Ibnu Hariyanto)