IDXChannel - Subholding Gas PT Pertamina (Persero), PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) atau PGN menyatakan terus berupaya menggaet pelanggan gas bumi lebih banyak lagi dengan berinovasi dalam strategi pemasaran. Hal ini dilakukan dalam menghadapi perubahan perilaku konsumen yang semakin hybrid.
Direktur Komersial PGN Ratih Esti Prihatini mengatakan, strategi pemasaran yang terintegrasi kini menjadi hal penting bagi perusahaan.
“Strategi yang adaptif sangat diperlukan seiring terjadinya perubahan pola komunikasi masyarakat yang semakin digital,” ujarnya dalam keterangan resmi, Jakarta, Rabu (11/6/2025).
Menurutnya, PGN terus berupaya merespons perubahan tersebut agar tetap relevan dalam mengedukasi pasar mengenai energi transisi yang lebih ramah lingkungan, yaitu gas bumi.
“Kemudahan pendaftaran berlangganan gas melalui website dan kemudahan komunikasi konsultasi melalui kanal online membuat prospek pertumbuhan calon pelanggan dapat tetap dijaga,” kata dia.
Dia mengungkapkan, perusahaan memanfaatkan strategi Marketing 5.0, yakni melalui pendekatan omnichannel yang menyatukan kanal digital dan interaksi langsung, PGN memasarkan produk Gaskita (segmen rumah tangga dan UMKM) serta GasLine (segmen komersial dan industri) secara adaptif, interaktif, dan relevan dengan gaya hidup masa kini.
Salah satu pendekatan yang menjadi unggulan adalah Bedah Dapur GasKita, yang menyasar keluarga di wilayah Tangerang, Bekasi, Surabaya, Semarang, dan Yogyakarta. Dalam pendekatan ini, PGN menyelenggarakan undian berupa renovasi dapur bagi pendaftar terpilih.
Kegiatan yang berlangsung pada Agustus-Oktober 2024 ini diklaim berhasil menjangkau publik dengan capaian lebih dari 11,6 juta impresi. Efektivitasnya juga terlihat dari lonjakan pendaftaran layanan GasKita melalui kanal online, yang meningkat sebesar 268 persen selama periode kegiatan.
Pada Oktober 2024, tercatat lebih dari 1.400 pendaftar, dibandingkan sejumlah 390 pendaftar di Agustus 2024.
Untuk menyasar segmen komersial dan industri secara B2B, PGN juga mengoptimalkan kampanye digital melalui Google Ads. Strategi ini diarahkan untuk menjangkau pelaku bisnis yang membutuhkan layanan energi gas bumi, dengan landing page khusus yang terintegrasi langsung ke situs pendaftaran.
(Dhera Arizona)