Sign up
Log in
Intikeramik (IKAI) Ingin Garap Pasar Ekspor, Bidik Jepang dan Australia
Membagikan
Dengarkan Berita

IDXChannel - Perusahaan manufaktur keramik dan hospitality, PT Intikeramik Alamasri Industri Tbk (IKAI) berencana go-global dengan memperluas pasar ke Jepang dan Australia. Selama ini, IKAI hanya fokus di pasar domestik.

IKAI saat ini memiliki cakupan distribusi di 38 provinsi di Indonesia. Oleh karena itu, perseroan merencanakan ekspansi internasional ke dua negara tersebut.

"Langkah ini, bersama kerja sama strategis dengan mitra asing, untuk memastikan daya saing produk IKAI tidak hanya pasar domestik, tetapi juga di tingkat global," kata Direktur Utama IKAI, Yohas Raffli lewat keterangan resmi, Selasa (31/12/2024).

Menurut Yohas, IKAI bisa memanfaatkan dinamika bisnis dengan memperkuat posisinya di level internasional. Perseroan melihat peluang untuk memperkuat kapasitas produksi dan daya saing nasional di tengah regulasi antidumping China, India, dan Uni Eropa.

"Kolaborasi ini dirancang untuk menjadikan IKAI sebagai pemain utama di industri keramik global, didukung oleh merek Essenza dan jaringan distribusi yang luas," kata Yohas.

Dia menambahkan, fokus perseroan pada segmen manufaktur keramik dan perhotelan telah mendorong pertumbuhan majemuk (CAGR) perusahaan sebesar 18 persen dalam lima tahun terakhir.

“Kami percaya bahwa kombinasi segmen manufaktur keramik dan perhotelan bukan hanya memberikan daya tahan finansial yang signifikan bagi perusahaan, tetapi juga mendorong pertumbuhan yang kuat dan margin yang optimal,” ujarnya.

Sinergi kedua segmen ini menciptakan margin laba yang solid. Hal ini tercermin dari Gross Profit Margin (GPM) perusahaan hingga mencapai 48 persen di atas rata-rata industri keramik nasional sebesar 38 persen. 

Hingga kuartal III-2024, IKAI mencatat pendapatan Rp147 miliar, turun 11 persen secara tahunan. Kontribusi segmen keramik mencapai 56 persen dari total penjualan sementara hospitality sebagai penyeimbang berkontribusi 44 persen.

(Rahmat Fiansyah)

Disclaimer:Artikel ini mewakili pendapat penulis saja. Artikel ini tidak mewakili pendapat Webull, juga tidak boleh dipandang sebagai indikasi bahwa Webull setuju dengan atau mengkonfirmasi kebenaran atau keakuratan informasi.Seharusnya tidak dianggap sebagai saran investasi dari Webull atau siapa pun, juga tidak boleh digunakan sebagai dasar dari keputusan investasi apa pun.
What's trending
No content on the Webull website shall be considered a recommendation or solicitation for the purchase or sale of securities, options or other investment products. All information and data on the website is for reference only and no historical data shall be considered as the basis for judging future trends.